Jangan Buru-buru Hapus Gambar, Kamu Bisa Merapikan Feed

JALURTEKNO.COM - Para pengguna instagram terkadang ingin merapikan desain feed di halaman Profil mereka,alasanya demi personal branding digital atau ingin menghapus gambar-gambar yang tak lagi relevan.

 Jangan Buru-buru Hapus Gambar, Kamu Bisa Merapikan Feed

Tidak sedikit yang berusaha menghapus "aib" di berbagai gambar yang diunggah saat awal memakai Instagram, tergolong gambar-gambar dengan filter-filter baru yang pada jamannya menjadi "hits" tetapi terbilang "jadul" untuk sekarang.

Terbukti, di awal kemunculannya Instagram hanya memberbagi alternatif hapus untuk menghapus jejak gambar semacam itu. Tetapi kini Instagram memperkenalkan alternatif lain untuk menyembunyikan gambar-gambar yang "menghalangi" desain feed profil Instagram lebih menawan.


Pilihan tersebut berupa fitur Berkas (Archieve) yang dihadirkan pertengahan 2017 lalu. Semacam namanya, fitur ini bekerja semacam kotak penyimpanan untuk memindahkan kiriman tertentu, tergolong Instagram Storiespemilik akun.

Caranya pun mudah, pilih kiriman, dapat berupa gambar alias video. Lalu klik tiga titik di pojok kanan atas sampai timbul pop-up alternatif "Arsip" (Archieve).


Rapikan feed tanpa dihapus (Kompas)
Dengan begitu, gambar bakal berpindah dari laman Profil ke kotak arsip, lengkap dengan jumlah penyuka (like) serta komentar yang masih utuh.

Apabila merasa gambar tersebut sangat butuh untuk dipublikasikan lagi, pemakai dapat mengembalikan gambar ke tempat semula.

Caranya, klik ikon jam di laman Profil yang terletak di tahap atas, kemudian pilih "kiriman diarsipkan" (Posts Archieve) serta pilih gambar yang ingin ditampilkan kembali. Pilih "tampilkan di profil" (show in profile) pada pop-up.

Secara otomatis, gambar bakal kembali ke laman Profile dengan cara utuh tanpa menghapus jumlah like serta komentarnya.

Tak hanya gambar atau  video, fitur ini juga dapat memperpanjang durasi waktu Instagram Stories yang sedianya hanya 24 jam.

Cukup buka profil Instagram, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas. Gulir kebawah sampai menemukan alternatif "pengaturan cerita" (Story setting). Pada alternatif "menyimpan" (Saving) aktifkan alternatif "simpan ke arsip" (Save to Archieve).

Maka stories Kamu bakal dapat dilihat berulang kali tanpa khawatir bakal hilang seusai 24 jam. Tutorial menonton Stories yang diarsipkan pun sama semacam membuka berkas kiriman. Kemudian pilih alternatif "arsip cerita" (Stories Archieve). Stories bakal timbul beserta tanggal stories tersebut dibuat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Jangan Buru-buru Hapus Gambar, Kamu Bisa Merapikan Feed"

Post a Comment