Artikel Terbaru

Samsung Galaxy J7 Plus dapat Memotret Bokeh Dari Dekat

Samsung Galaxy J7 Plus dapat Memotret Bokeh Dari Dekat.Salah satu fitur unggulan dari Galaxy J7 Plus, device kelas menengah terakhir besutan Samsung, adalah kamera gandanya. 

Samsung Galaxy J7 Plus dapat Memotret Bokeh Dari Dekat

Modul dual camera dengan satu kamera 13 megapiksel serta satu kamera 5 megapiksel ini mampu menghasilkan efek "bokeh" (depth-of-field) dalam gambar, di mana latar belakang tampak buram, sementara subyek mutlak masih tampil tajam jadi tampak hebat semacam gambar jepretan DSLR.


Dibandingkan berbagai model device lain semacam Galaxy Note 8 yang dilengkapi kamera ganda dengan konfigurasi lensa wide serta telephoto, dual camera Galaxy J7 Plus nyatanya mempunyai kelebihannya sendiri, yakni tidak wajib menjaga jarak tertentu dengan subyek gambar jika ingin menimbulkan efek "bokeh".

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat gadget Romi Hidayat dalam agenda media workshop Samsung Galaxy J7 Plus di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

"Kalau mau gambar dengan efek bokeh memakai lensa tele pada device, biasanya kami wajib menjaga jarak kurang lebih 1 sampai 2 meter supaya kamera dapat mengukur kedalaman gambar. Tetapi, dengan Galaxy J7 Plus, sebab kedua lensanya sama-sama wide, jadi kami dapat memotret 'bokeh' dari jarak berapapun," terang Romi.

Performa "bokeh" Galaxy J7 Plus dapat terasa kegunaaannya saat pemakai ingin memotret subyek tertentu dari jarak dekat -umpama makanan- serta memperoleh background yang buram.

Samsung sendiri sekarang baru mempunyai dua model device berkamera ganda, yakni Galaxy J7 Plus serta Galaxy Note 8 yang duduk di kelas high-end.
"Galaxy J7 Plus dapat dijadikan pilihan murah untuk pemakai yang ingin mencicipi gambar bokeh," kata Romi.

Tips memaksimalkan nilai “bokeh” device

Sedikit tidak sama dari berbagai device dual-camera lain semacam Galaxy Note 8, unit kamera ganda pada Galaxy J7 Plus tidak terdiri dari satu lensa wide serta satu lensa tele dengan bidang pandang lebih sempit untuk menjepret subyek di kejauhan.

Sebaliknya, kedua kamera Galaxy J7 Plus mempunyai cakupan bidang pandang wide angle yang sama. Perbedaan di antara keduanya terletak pada tipe sensor serta aperture atau bukaan lensa. 

Satu kamera mempunyai sensor 13 megapiksel dengan lensa berbukaan f/1.7, sementara lensa kedua mempunyai sensor 5 megapiksel dengan lensa berbukaan f/1.9. Kamera 13 megapiksel berperan sebagai penangkap gambar utama, sementara kamera 5 megapiksel berkegunaaan mengukur jarak subyek gambar untuk menghasilkan efek ”bokeh”.

Semacam halnya di device lain, efek “bokeh” kamera Galaxy J7 Plus adalah hasil simulasi aplikasi, bukan sebab fenomena deptf-of-fied (ruang tajam) sungguhan sebagaimana yang terjadi di lensa kamera DSLR. 

Sebab itu, ada kalanya efek yang dihasilkan tidak sempurna, semacam adanya pinggiran subyek yang “bocor” atau ikut diburamkan bersama background, padahal sewajibnya masih tajam.

Soal ini, vlogger teknologi Putu Reza punya tips jitu untuk memaksimalkan nilai “bokeh” dari kamera device, yakni dengan memilih background yang simple, umpama mempunyai pola atau warna seragam.

"Jangan pilih background yang 'ramai' atau kompleks. Kalau background ringkas, hasilnya bakal keren. Soalnya sekeren apa pun, background yang rumit membikin kesempatan 'bocor' terus tidak sedikit," terang Putu Reza.

"Umpama background pola batik, maka tentu ada kesempatan besar untuk 'bocor'. Tapi kalo lebih simple, semacam tembok warna cokelat, kalo setting serta cahaya keren, tidak bakal bocor," imbuhnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Samsung Galaxy J7 Plus dapat Memotret Bokeh Dari Dekat"

Post a Comment